Blog ini berbagi tentang hal-hal yang menginspirasi dan memantik saya untuk membagikannya kepada pembaca blog ini. Apakah itu dari cerita sederhana sehari-hari, nilai-nilai dan gagasan kreatif, momen perjalanan dan obrolan yang menggugah hati dan pikiran. Begitupula beberapa catatan tentang bidang yang saya tekuni yakni komunikasi dan pemasaran (marketing communication), musik, buku, podcast (siniar) dan hal-hal yang bersentuhan dengan kreativitas.
~~
Peny Meliaty Hutabarat, S.Sos., M.S.M. atau yang biasa disapa Penny Hutabarat, lulus dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia pada tahun 2007. Setelah menyelesaikan studinya, Penny memulai karirnya di PT. Austindo Nusantara Jaya Agri. Ia kemudian memutuskan untuk melanjutkan studi magisternya di Universitas Indonesia pada Program Studi Ilmu Manajemen, kekhususan marketing communication, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ia lulus program master dengan karya ilmiahnya yang mengangkat topik music & entertainment marketing. Karya ilmiah ini berhasil dipresentasikan dalam konferensi internasional bidang Ekonomi dan Bisnis di Sungkyunkwan University, Korea Selatan dan dipublikasikan tahun 2014 pada South East Asian Management Journal.
Kariernya di bidang Public Relations & Marketing Communication berkembang sejak berkarya sebagai Kepala Hubungan Masyarakat di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia pada tahun 2009 sampai dengan 2019. Ketertarikannya pada bidang pengajaran pun telah dimulai sejak tahun 2011. Ia mengajar bidang komunikasi di beberapa universitas, termasuk di Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia. Pada tahun 2019, Penny mulai bergabung sebagai dosen tetap di Program Studi Penyiaran Multimedia, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia.
Selain memiliki ketertarikan di bidang pendidikan, ia juga memiliki minat yang tinggi terhadap kesenian khususnya di bidang musik dan tarik suara. Ia telah merilis mini album perdananya berjudul “Bountiful Eyes” pada tahun 2014, yang menandakan debutnya sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu. Kegemaran bermusiknya sudah ia tekuni sejak kecil dan berlangsung hingga sekarang. Di bangku kuliah, ia cukup aktif membangun kegiatan seni. Penny Hutabarat ditunjuk menjadi solois Universitas Indonesia sejak pertama kali memulai studinya tahun 2002. Ia diberi kesempatan untuk bernyanyi solo di depan ribuan orangtua dan wisudawan Universitas Indonesia sejak tahun 2002 hingga tahun 2017. Selain itu, ia aktif mengisi acara dalam berbagai seremoni di Universitas Indonesia dan kegiatan-kegiatan lainnya di luar kampus.
Penny juga menginisiasi berdirinya festival ‘Bintang Pop UI’ (BIPOP UI), yang didirikan bersama Drs. A.G. Sudibyo, M.Si dan The Professor Band pada tahun 2005. Festival menyanyi ini menjadi program resmi tahunan di bawah Direktorat Kemahasiswaan, dari tahun 2005 hingga tahun 2017. Penny masih aktif menjadi juri vokal dan membina talenta-talenta seni. Tidak berhenti sampai disitu, bersama Bapak A.G. Sudibyo, ia juga membangun kembali Paduan Suara FISIP UI yang sempat lama vakum dan mendirikan Vocademia Universitas Indonesia. Bersama Vocademia UI, Bapak A.G. Sudibyo & Penny Hutabarat membawa misi budaya Indonesia ke Eropa Timur dan berhasil meraih Gold Medal di Busan International Choral Festival & Competition, Korea Selatan tahun 2015.
Minatnya pada bidang penulisan juga kian berkembang. Tahun 2021 merilis buku perdananya berjudul “Stay Relevant and Make A Difference” yang merupakan kristalisasi dari pengalaman dan pembelajarannya selama bekerja di bidang kehumasan dan pemasaran. Beberapa karya tulisnya pada topik terkait perkembangan podcast (siniar), digital marketing (pemasaran digital), sonic branding, omnichannel, public relations (kehumasan), personal branding, storytelling, sponsorship music festival dan music marketing dapat dilihat di laman ini.